Kamis, 12 Juli 2012

Pekerjaan Para Teknik Listrik Bandara


Fasilitas Listrik Bandara

Adalah salah satu prasarana penujang operasi bandara, dan dibagi menjadi dua kelompok peralatan, yaitu :
  • Pembangkit dan Jaringan Listrik Bandar Udara
  • Elektromekanikal dan Instalasi Listrik Bandar Udara

1.Peralatan Pembangkit dan Jaringan Listrik Bandar Udara
Pembangkit dan Jaringan Listrik Bandar Udara , yaitu Penyedia tenaga listrik yang diperlukan bandar udara. Peralatan-peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
  • Sistem listrik Bandar Udara
Sistem tenaga listrik di bandar udara pada umumnya terdiri dari empat unsur yaitu pembangkit, transmisi, distribusi dan pemakai tenaga listrik. Transmisi digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit ke pusat-pusat beban sedangkan distribusi digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari pusat beban ke masing-masing pemakai tenaga listrik.
  • Genset dan sistem kontrol
Generator Set (Genset) adalah Suatu pembangkit listrik tenaga diesel yang digunakan di Bandar Udara sebagai catu daya cadangan bila terjadi pemadaman aliran listrik PLN sedangkan sistem kontrol yang digunakan adalah ACOS (Automatic Changeover Switch) , suatu alat untuk menghidupkan genset dan pengambil-alihan beban secara otomatis dari PLN ke Genset saat terjadi aliran listrik PLN padam atau sebaliknya saat PLN hidup (ON) kembali dan pengambilan-alihan beban dari genset ke PLN dan kemudian genset mati secara otomatis.
  • Uninterruptable Power Supply (UPS)
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->Sistem catu daya listrik yang dapat memberikan tenaga listrik secara independen dalam jangka waktu tertentu tanpa harus adanya sumber catu daya primer atau sekunder atau sumber catu daya tersebut sedang dalam gangguan.
  • Penangkal petir
Suatu alat yang memberikan pengamanan peralatan terhadap sambaran petir langsung ataupun tak langsung yang terjadi pada daerah dimana peralatan tersebut berada/terpasang serta melindungi peralatan tersebut dari dampak kerusakan yang ditimbulkan sehingga terjaminnya kontinuitas pelayanan operasional yang ada dibandara.

2. Peralatan Elektromekanikal dan Instalasi Listrik Bandar Udara
Peralatan Elektromekanikal dan Instalasi Listrik Bandar Udara , yaitu Penyedia Elektromekanikal dan Instalasi yang dibutuhkan bandar udara. Peralatan-peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
  • Instalasi penerangan gedung, parkir dan jalan
Lampu yang dipasang pada gedung, areal parkir kendaraan pengunjung, jalan akses dan tempat-tempat lain yang memerlukan penerangan yang berada di areal bandara.
  • Air Conditioning
Suatu sistem yang menjalankan suatu proses mengkondisikan udara ruangan sehingga mencapai temperatur dan kelembaban yang sesuai dengan yang dipersyaratkan terhadap kondisi udara dari suatu ruangan tertentu.
  • Traction equipments
Peralatan yang berfungsi memberikan kelancaran dan kenyamanan para pengguna jasa di terminal bandar udara dan gedung operasi keselamatan penerbangan. Peralatan tersebut meliputi garbarata, escalator, elevator, conveyor dll.
  • Apron Flood Light
Lampu yang dipasang di sekitar apron dengan syarat-syarat tertentu untuk menerangi wilayah apron apabila apron memerlukan penerangan.
  • Wind directional indicator light
Lampu yang menunjukkan letak wind sock pada area dekat runway.
  • Landing direction indicator
Lampu penunjuk arah pendaratan berbentuk huruf “T” yang dapat dikontrol arahnya dengan menggunakan motor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar